Notice: Undefined property: cbnetFavIcon::$cbnet_header_executed in /home/citra011/public_html/wp-content/plugins/cbnet-favicon/cbnet-favicon.php on line 171
Sejarah Mesin Fax | Citra Mandala
Notice: Undefined index: category_id in /home/citra011/public_html/wp-content/plugins/wp-e-commerce/wpsc-includes/display.functions.php on line 345

Notice: Undefined index: category in /home/citra011/public_html/wp-content/plugins/wp-e-commerce/wpsc-includes/display.functions.php on line 347

Notice: Undefined variable: category_id in /home/citra011/public_html/wp-content/plugins/wp-e-commerce/wpsc-includes/display.functions.php on line 351

Notice: Undefined index: product_id in /home/citra011/public_html/wp-content/plugins/wp-e-commerce/wpsc-includes/display.functions.php on line 356

«

»

Sejarah Mesin Fax

Faksimile atau biasa dikenal dengan faks adalah teknologi telekomunikasi yang digunakan untuk menyalin dan mengirimkan dokumen yang serupa dengan aslinya, menggunakan jaringan telepon ke mesin fax penerima yang kemudian bisa dicetak dikertas. Kata faksimile berasal dari bahasa latin yaitu ‘fac simile’ (make similar), yang artinya membuat salinan yang sama dengan aslinya. Di berbagai tempat, mesin faks juga dikenal sebagai telecopier.tyjrhyjrtbhdf Sejarah Mesin Fax
Mesin faks pertama kali dibuat dan dipatenkan pada tahun 1843 oleh Alexander Bain, seorang fisikawan Skotlandia. Awalnya Alexander Bain tengah mengembangkan alat komunikasi yang disebut telegraf. Penemuan inilah yang menjadi bentuk awal dari mesin faks. Mesin faks buatan Bain ini berdasarkan prinsip kerja jam elektrik yang sebelumnya ia temukan.

Pada tahun 1862, fisikawan Italia Giovanni Caselli membangun sebuah mesin yang dia disebut pantelegraph (perpaduan antara pantograph dan telegraf), yang didasarkan pada penemuan Bain. Ia kemudian membuka layanan komersial telefaks yang pertama antara Lyon dan Paris, pada tahun 1865.

Ide tentang mesin faks ini kemudian diperbaiki oleh Frederick Bakewell yang membuat beberapa perbaikan pada desain awal Bain. Kemudian pada tahun 1851, Bakewell mendemonstrasikan karyanya tersebut pada suatu pameran besar di London. Ternyata sistem awal yang dibuat oleh Bakewell dan Bain masih sangat lemah dan hanya mampu menghasilkan gambar dengan kualitas buruk. Hal ini terjadi karena masih belum sesuainya mekanisme pada sistem pengiriman dan penerimaan.

Kemudian seorang penemu dari Inggris, Shelford Bildwell, menyusun suatu scanning phototelegraph, yaitu suatu telefaks mesin pertama yang mampu melakukan scanning dalam bentuk dua dimensi. Penemuan itu terus dikembangkan oleh para ahli hingga pada tahun 1929 ditemukan hellschreiber oleh Rudolf Hell, yang menjadi penggagas awal dalam mekanisme pengiriman dan scanning dokumen pada mesin faks.

Selama bertahun-tahun, mesin faks tetap rumit, mahal dan sulit untuk digunakan, namun pada tahun 1966 Xerox memperkenalkan telecopier Magnafax, mesin faks yang lebih mudah digunakan dan dapat dihubungkan ke saluran telepon. Dengan menggunakan mesin ini, dokumen surat membutuhkan waktu sekitar enam menit untuk dikirimkan. Walaupun prosesnya lambat, namun pada waktu itu, hal tersebut sudah merupakan sebuah kemajuan teknologi yang besar.

Meskipun peralatan untuk mengirimkan dokumen cetak secara elektronik telah ada sejak awal abad ke-19, namun mesin faks mulai banyak digunakan dan dianggap menguntungkan pada pertengahan tahun 1970-an. Mesin faks digital pertama pada masa itu menjadi sangat popular di Jepang karena adanya kebutuhan yang sangat penting terhadap mesin faks. Kemudian mesin faks menjadi begitu mudah dijangkau sehingga akhirnya terkenal ke seluruh dunia.

Seiring berjalannya waktu, mesin faks terus mengalami perkemGraphic1 panasonic 300x190 Sejarah Mesin Faxbangan, terutama dalam hal perbaikan kecepatan transmisinya (pengirimannya). Hal ini terjadi karena semakin besar kecepatan transmisi, semakin cepat pula dokumen dapat terkirimkan.

Ketika teknologi telah berkembang, mayoritas orang cenderung enggan atau tidak mau lagi menggunakan mesin fax karena berbagai macam alasan. Sebagai contoh, proses pada mesin fax terbilang lambat, kualitas hasil pindai (scan) tergolong buruk, dan terasa tidak praktis. Namun sayang sekali, kantor-kantor di seluruh dunia masih memanfaatkan mesin fax dalam aktifitas sehari-hari hingga detik ini.

Muncul sebuah pertanyaan: Mengapa teknologi fax masih digunakan sampai saat ini? Jawabannya sederhana. Internet merupakan sebuah medium yang dapat dimanfaatkan oleh semua orang di seluruh dunia. Jadi apabila Anda ingin mengirimkan dokumen rahasia atau dokumen yang “sensitif”, internet nampak kurang tepat untuk digunakan. Dengan begitu, pilihannya jatuh pada mesin fax.

Dengan segala kekurangan yang dimilikinya, mesin fax memang memiliki kapabilitas atau kemampuan untuk mengirimkan dokumen fisik secara cepat dan mudah. Anda dapat mengirimkan sebuah dokumen fisik secara instan hanya dengan hitungan detik. Jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan cara mengirimkan dokumen scan melalui email. Terlebih lagi faktor keamanannya yang lebih terjamin.